Organization Experience : Divisi Media dan Informasi HMJ TMIP Unpad 2015

Organisasi merupakan tempat untuk belajar, dan mengembangkan diri, karena belajar tidak melulu harus di kelas. Bagi mahasiswa, mengikuti organisasi sangat penting untuk menunjang dan mengasah softskill. Menurut penulis, softskill tersebut diantaranya rasa tanggung jawab, komitmen dan pengabdian , public speaking , dan time management . Dengan mengikuti organisasi, kemampuan kita pada hal tersebut akan dilatih sehingga kita jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Keinginan untuk berorganisasi pasti tersirat di benak para siswa atau mahasiswa. Sayangnya, saya nggak menggunakan kesempatan saya saat SMP dan SMA untuk ikut berorganisasi di OSIS. Tahun 2015, saya senang sekali bisa jadi bagian dari kepengurusan sebuah himpunan mahasiswa. Himpunan Mahasiswa Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Unpad namanya, biasa disingkat HMJ TMIP Unpad. Berawal dari ingin turun tangan dalam sebuah awal baru untuk himpunan, berkontribusi, menambah relasi, dan menimba ilmu di luar kelas, menjadi segelintir alasan mengapa saya tertarik jadi manajer himpunan. HMJ TMIP terdiri dari enam divisi, Internal (pengembangan organisasi), Eksternal (hubungan luar), keprofesian, Kewirausahaan, Minat dan Bakat, dan Media Informasi. Media dan Informasi menjadi minat saya. Selain menyukai media sosial, menulis, dan kegiatan jurnalistik lainnya, di divisi ini saya bisa menyalurkan hobi dan menjadi pengungsi dikala jenuh berkuliah. Dengan seorang kepala divisi yang sangat kreatif dan open minded , dan anggota lainnya yang seru dan asik, saya merasa nyaman sekali berada di sana. Saya juga tidak perlu khawatir untuk mengusulkan ide-ide yang mungkin menurut orang lain, ide itu nggak berguna atau tidak cukup kuat untuk direalisasikan. But, they will concern every ideas that comes up, and I'M so glad about it.
Dengan lingkungan kerja yang menyenangkan, terdiri dari orang-orang yang open minded, kreatif, saya jadi semakin excited. Berbagi ide, dan menyampaikan gagasan, dan semua humor dan gosip-gosip adalah hal yang paling ditunggu-tunggu setiap kali rapat. Di sini saya lebih berani dalam mengungkapkan pendapat, karena mereka pasti menghargai setiap gagasan masing-masing, and it 'sa relief.
Nggak heran sih, kayaknya saya semangat banget setiap kali rapat wkwkwk (iya apa?).


Masih teringat suasana saat wawancara, pertanyaannya, dan jawaban yang saya berikan masih terngiang sampai sekarang. Dan alhamdulillah saya diterima. Awalnya masih malu-malu satu sama lain, masih membaca karakter mereka, membaca jalan pikiran mereka, dan semakin lama saya mengenal mereka, saya jadi bisa sedikit tahu tentang mereka dan berusaha memahami karakter setiap orang. Teh Emma yang santai tapi tegas, teh Shayana yang kreatif, teh Oka yang jago public speaking nya, teh acut yang seru dan selalu meramaikan setiap rapat, kang Risqi yang cowo sendiri, hahahaha, Umaya yang jago editing, dan Riska yang selalu bekerja keras dalam segala hal. Itu adalah segelintir hal mengenai masing-masing anggota, masih banyak lagi hal yang saya pelajari dari mereka, yang membuat saya berbicara dalam hati. "saya masuk di divisi yang tepat, dengan orang-orang yang luar biasa."

Lingkungan yang tercipta bikin saya merasa dekat sama mereka. Lebih akrab, dan kata teh Emma, ​​sense of belonging kita tuh merasa banget. And here s our togetherness moment .

Photoshoot time!

Semar Berdasi 2015 @ PSBJ Unpad

Setelah Raker bersama Pengurus HMJ TMIP 2015

Alasan saya tertarik menjadi bagian dari divisi medfo adalah keinginan saya untuk memperbaiki
sistem informasi yang efektif di lingkungan kampus. Agar semua kegiatan himpunan dapat dipublikasikan dengan baik. Agar semua progress dan perubahan himpunan semakin terlihat oleh mahasiswa lain. Agar semua bagian dari Teknik Pertanian Unpad semakin bangga dengan himpunannya.

Segala keraguan yang ada di benak mahasiswa, setiap keinginan dan kebutuhan mahasiswa dalam menunjang akademik, menyaluarkan bakat, dan keinginan mahasiswa untuk mempererat kekeluargaan, karena itulah himpunan ada untuk kita, untuk mendengarkan setiap aspirasi, mendiskusikan solusinya, dan mewujudkannya.

Saya kira organisasi hanya diikuti oleh orang-orang yang pintar dengan IPK besar, mahasiswa eksis yang jiwa sosialnya tinggi, tapi ternyata organisasi dapat diikuti oleh orang-orang dengan karakter yang beragam, hanya dibutuhkan niat dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam organisasi tersebut.

Salah satu program kerja Medfo yaitu Seminar, dimana saya sebagai penanggung jawab dari HMJ. Seminar ini merupakan program kerja kolaborasi antara HMJ TMIP dan Kominfo BEM FTIP. Di sini saya belajar untuk melaksanakan sebuah acara / seminar, belajar berkoordinasi, dan me- manage semuanya. Penanggung jawab dari Kominfo BEM FTIP yaitu Triana, yang tidak lain dan tidak bukan adalah temen akuuu hehe, jadi leluasa buat sharing dan menghadapi berbagai aral melintang demi terselenggaranya seminar ini: "). Saya sadar saya belum bisa memimpin orang-orang huhu, but temen -temen dari Medfo sangat maklum dengan itu. Organisasi / himpunan itu tempat belajar dan mencari pengalaman, it s okay to make mistakes. 


Seminar yang preparasinya paling ngebut hehe ..


Makrab 2015 (minus teh Oka & kang Risqi)


Medfo HMJ & Kominfo BEM (TMIP)

There s no place like home, and Medfo is my home, though

Rapat Terakhir @ Giggle Box


Strike a pose teh Oka!

Satu tahun kepengurusan, rasanya cepat sekali. Banyak perubahan yang saya rasakan dalam himpunan. Banyak program kerja yang menarik dan banyak mahasiswa yang berpartisipasi. Media dan Informasi pun berubah lebih baik, banyak inovasi yang dicetuskan pada periode kepengurusan ini, penyebaran informasi melalui Official Line, review cakupan proker himpunan melalui Headline News di Youtube, cakupan bulanan proker dan info seputar mahasiswa di Buletin. Semua hal tersebut membuat himpunan semakin bermanfaat dan mengubah citra himpunan menjadi lebih baik lagi.


FTJ akhir tahun, merupakan acar dimana manajer himpunan melaporkan pertanggung jawaban selama satu tahun periode kepengurusan. FTJ akhir tahun juga menjadi acara farewell  atau pembubaran pengurus himpunan. 

Hadiah dari Medfo ceria untuk tukar kado
Dibuat dengan cinta


Setelah satu tahun kepengurusan, what s the difference?


Hahaha cowok sendiri

Ketua, Wakil Ketua, Badan Pengurus Harian dan semua Kepala Divisi HMJ TMIP 2015



Apresiasi untuk kerja keras semua manajer

Kadiv terbaik 


And here s to come another journey with Himateta Unpad.
 
Divisi Media dan Informasi Himateta Unpad 2016


Perubahan nama himpunan menjadi Himateta Unpad didasarkan pada perubahan nama departemen Teknik dan Manajemen Industri Pertanian menjadi Departemen Teknik Pertanian dan Biosystems. Kabinet periode 2016 bernama Graha Sahitya yang artinya 'rumah bersama'. Dipimpin oleh kang Chondro Jati, himpunan kali ini diharapkan bisa menjadi rumah bagi semua mahasiswa Teknik Pertanian Unpad, bukan hanya bagi manajer saja. Jumlah divisinya pun masih sama, dan saya bergabung dengan divisi Medfo (lagi!). Saya merasa belum mampu untuk loncat divisi, dan mungkin ada orang lain yang beropini 'sangat disayangkan untuk ikutan organisasi di divisi yang sama', namun bagi saya hal itu menjadi hal baru karena dengan kepala divisi yang berbeda, anggota yang berbeda, tentu saja lingkungan kerjanya pun berbeda dan semakin banyak ilmu-ilmu baru yang didapatkan.


Semoga tulisan ini bermanfaat untuk yang membaca. I am an open door, for those who will give me advice, asking question, nor maybe critize my thought about organization hahaha ...

Comments

Popular posts from this blog

Operasi Gigi Geraham Impaksi

PRODI TEKNIK PERTANIAN