Operasi Gigi Geraham Impaksi

Hai!!!
Kembali lagi update blog karena ada peristiwa penting yang ingin aku share ke dunia haha.
Mungkin sebagian dari kita sudah tau kalau di umur 20an kita akan ‘numbuh’ gigi lagi yaitu gigi geraham bungsu (wisdom teeth). Mungkin di beberapa kasus ada yang tumbuhnya normal, giginya keluar semua gak ada yang ‘mendem’ di gusi, tapi kebanyakan orang harus menempuh jalur ‘operasi’ karena gigi tersebut posisinya miring dan udah gak ada ruang di gusi. Nah aku jadi orang yang bernasib harus operasi. Istilah gigi yang pertumbuhannya miring disebut impaksi. Impaksi gigi atau gigi terpendam merupakan kondisi gigi  yang terjebak di dalam gusi. 

Dikutip dari website AlodokterImpaksi gigi bisa terjadi karena berbagai alasan berikut:
  • Rahang terlalu kecil sehingga tidak ada cukup ruang untuk gigi tumbuh.
  • Gigi menjadi bengkok atau miring ketika berusaha tumbuh.
  • Gigi sudah tumbuh dalam posisi yang tidak beraturan, sehingga menghalangi gigi bungsu.
Jadi, setelah beres pakai bracket bulan November 2014 lalu (gila lama juga!), aku kembali ke dokter gigi bulan Februari 2018 karena ditawarin jadi pasiennya ko-as di RSGM Unpad. Awalnya mau pake retainer karena ngerasa gigi bawah udah mulai berantaka. Setelah diperiksa sama dokternya koas, ternyata gigi bawah yang berantakan bisa disebabkan sama gigi geraham bawah yang posisinya menyamping, jadi mendorong ke arah tengah. Kemudian gigi aku difoto panoramik dan ini hasilnya:

'
Keliatan banget ya miringnya, dan katanya agak membahayakan karena akar giginya hampir kena ke syaraf. Oke, apa yang harus dilakukan? Dicabut!

Sebelum ke proses pencabutan gigi geraham ini aku memutuskan untuk ‘merawat’ gigi aku yang lainnya. Ada gigi yang pecah karena memang tambalannya udah lama banget gak diperiksa, dan bolak-balik dokter gigi akhirnya ditambal sambil PSA (Perawatan Saluran Akar).
Nah proses pencabutan gigi geraham ini gak boleh asal, tadinya mau ke residen tapi takut. Akhirnya aku ke dokter di poliklinik gigi RSUD Al-Ihsan yaitu dokter gigi spesialis bedah mulut (Sp.BM).
Dokter: “Ini diambilnya harus empat, kanan kiri atas bawah. Nanti dibius total”
Me: *iya iya aja yang penting aku gak menderitaL*

Kalau gak salah aku ke dokter 25 Juli, dan hari itu juga langsung diputuskan harus dioperasi (shock!!!) tapi paling nunggu satu bulan karena harus ngantri (okay,chill). Sebelumnya aku harus cek darah ke laboratorium dan foto thorax. Setelah hasilnya bagus aku dijadwalin operasi 27 Agustus. Kata susternya tinggal bawa persyaratan (Foto copy Surat Keterangan Rawat Inap, KTP, BPJS, KK) dan hasil lab, foto thorax, dan foto panoramik gigi. Harus puasa juga dari jam 4, dan dateng ke RS jam 8. Okay noted! *gak takut soalnya masih lama haha*

Sebenernya dari awal aku tau gigi geraham ini miring gak ada rasa sakit atau ngilu gitu sih, paling cuma mengganggu dan baru kerasa sedikit sakit kalau ada makanan nyangkut. Tapi lama kelamaan ada sekilas rasa ngilu gitu walaupun cuma sebentar.

Datanglah tanggal 27 Agustus, dan aku gak dateng haha karena masih ngurusin penelitian. Akhirnya aku reschedule jadwal operasi dan dapet tanggal 13 September. Pas tanggal 12 kayak udah was-was gitu gelisah haduuuh yaudah lah kuat Nid kuat! Eh sekitar jam 15.30 ditelfon RS katanya diundur jadi hari sabtu (15/09) karena obat biusnya masih belum ada. Hufft baiklah gapapa, gak jadi gelisahnya. Menjelang hari sabtu, iseng-iseng buka blog tentang orang-orang yang cabut gigi bungsu/gigi geraham. Ternyata cukup membahayakan juga sih si gigi geraham bungsu soalnya ada yang sampai migrain, kena syaraf dll. Nah dari pengalaman orang-orang, mereka dicabut giginya di dental chair, dan katanya sih gak berasa sakit, proses cabut giginya cuma sebentar, cuma jadi tau aja kalo gusi mereka disobek, terus giginya diiris wkwk ngeri juga cuy. Dari situ udah pasrah deh, liat besok aja gimana. Eh hari jumat sore (14/09) ditelfon RS lagi dan obatnya masih belum ada, semoga hari kamis (20/09) udah ada obatnya kata si mba mba RS. WKWK sedikit bagel tapi yaudah.

Hari H jam 4.00, bukannya makan nasi malah makan oats, mana kenyang yak. Dateng ke RS jam 8-an, baru nyerahin berkas jam 9.00 dan dipanggil jam 10an. Tanda tangan dokumen segala macem, pake wristband kayak orang mau rawat inap. Dari situ aku sama ibu belum ngeh kalo aku sebenernya harus rawat inap wkwk. Baru akhirnya kita menuju ruang Bedah Sentral bareng pasien lainnya yang ternyata dia udah tau bakal rawat inap, bawa baju dll sedangkan aku unprepared banget, dikiranya abis dicabut gigi yaudah balik rumah gak pake nginep di rumah sakit. Deg-degan luar biasa sampe dipanggil perawat “Nida Noor Fadhilah silakan masuk ruang operasi”


Jeng jeng....

Masuklah aku sama ibu. Stress deg-degan sampe sakit perut (lebih ke laper sih sebenernya). Disuruh ganti baju jubah operasi gitu, sama pake hair cap. Dalam hati baru ngeh, “asli ini mah mau masuk ruang operasi”. Berpisahlah aku sama ibu, suruh tiduran dulu dipasangin infus dan si bapak perawatnya ngajak bercanda mulu dah, tapi gak apa-apa biar gak tegang. Udah ditensi dll aku pindah ke ruang operasi sambil naik kursi roda, dan baru berani nanya, “pak kirain saya dicabut giginya di dental chair gitu”
Si bapaknya bilang, “Oh mau di dental chair? Nanti saya bilang ke dokternya, sekalian gak usah pake bius.”
Oke fix, salah nanya

Pokoknya Nida yang santai mendadak riweuh dan talkaktive ketika masuk ruang operasi. Nanya sakit apa engga, prosesnya lama apa ngga, dll. Kata susternya paling setengah jam. Terus mereka ngingetin untuk berdoa, dzikir, semoga prosesnya lancar.
Ini pertama kalinya aku masuk ruang operasi dan takut banget karena takutnya abis selesai operasi akunya gak bangun-bangun alias pulang kembali ke Allah SWT:”( (masih banyak dosa yaAllah jangan diambil duluT-T).

Sebelum anestesi, aku inget-inget tuh jam 11.00, dan disuruh baca Al-fatihah dan berdoa. Sambil menatap lampu bulet di atas akhirnya gak sadarkan diri.
Pas bangun, liat jam 12.30. Berarti operasinya sekitar 1,5 jam, atau akunya yang kebluk gak bangun-bangun? Mulut berasa kaku, mau ngomong tapi gak bisa. Akhirnya setelah ngumpulin kekuatan aku kebangun dan dipindah ke ruang rawat inap. Sebelum keluar ruang operasi, diliatin tuh jumlah gigi yang diambil, ada yang utuh, ada yang udah kepecah-pecah, gak tau gimana caranya pokoknya gak mau ngebayangin.


Akhirnya aku harus nginep di RS selama sehari. Awalnya harus makan bubur sum-sum dan susu cair doang, tapi alhamdulillah makan siangnya endolll.
Nah H+1 operasi masih aja ngeluarin darah, mungkin susah kali buat nutup lukanya. Dan bengkak banget!

Sekian dulu ceritanya, masih harus kontrol H+7 semoga jahitannya bisa secepatnya dicabut.

Oh iya, FYI, aku operasi ini pake fasilitas BPJS. Alhamdulillah aman dan gak ribet, cuma ngantri aja selama sebulan hehe gapapa sih kan ga urgent banget juga. Sebelum ke RS ini aku juga udah nyoba ke RSGM Kota Bandung yang di jalan Riau. Di sana juga bisa pakai BPJS, tapi ngantrinya harus dari jam 5 subuh, dan kata ko-as yang nanganin aku di RSGM Unpad, ada salah satu temennya mau cabut gigi geraham juga di RSGM Kota Bandung tapi harus ngantri 6 bulan. Agak males ya ngantrinya haha jadi aku memutuskan gak jadi daftar di RSGM Kota Bandung.










Comments

  1. terima kasih ceritanya sangat menarik, pasti nyeri sekali gigi graham nya di cabut cara klaim asuransi prudential

    ReplyDelete
  2. Kak, full di cover bpjs semua itu? Aku tgl 27 ke rsgm unpad mau periksa gigi ku impaksi 😁 cek lab & foto thorax nya free jg apa cek sendiri diluar rsgm ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Organization Experience : Divisi Media dan Informasi HMJ TMIP Unpad 2015

PRODI TEKNIK PERTANIAN